Pengalaman Mengikuti Ujian Masuk S2 ITB

Time flies....

Rasanya baru kemarin, belajar tergopoh-gopoh semalam suntuk untuk ujian masuk S2 ITB, dari mulai bahasa Inggris, TPA, dan materi dasar ilmu sipil, eh tiba-tiba sekarang sudah tiba di penghujung semester 2 lagi. 

Dengan kondisi kehamilan yang cukup berat kali ini, ditambah segudang tugas kuliah milik dua orang yang menumpuk, dan seluruh pekerjaan rumah tangga tanpa khadimat, dan Air dan Bumi yang juga harus dibimbing sekolahnya, dan Badai yang juga masih harus diajar membaca, rasanya ajaib bagaimana saya bisa menyelesaikan semua kerumitan hidup semester ini. Entah bagaimana hasil laporan akademik saya semester ini, tapi rasanya cukup lega juga mendapati saat ini saya punya waktu luang untuk sekedar blogging, beres-beres rumah dengan santai, dan menunggu kelahiran anak keempat ini dalam masa liburan panjang semester genap. Ditambah Air dan Bumi pun libur sekolah, aaah....menyenangkan sekali hidup ini =D.

Dan tiba-tiba saja saya teringat punya janji pada seorang teman untuk menceritakan prosedur yang harus ditempuh untuk mengikuti ujian masuk program Pascasarjana ITB. Saya mengikuti ujian masuk pascasarjana ITB ini dua kali, meski dua-duanya lulus, yang pertama tidak saya ambil karena terbentur masalah beasiswa yang belum saya dapatkan, baru setelah tes yang kedua saya mendapat beasiswa untuk terus lanjut S2 (terima kasih Beasiswa Unggulan =D).

Meski kebanyakan alumni S1 ITB akan berpendapat ujian masuk pascasarjana ITB tak sesusah ujian masuk program S1-nya, tapi saya pikir tak ada salahnya juga mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Apalagi jika boleh sedikit berpromosi sebagai bagian dari keluarga besar ITB, kualitas Pascasarjana ITB masih sangat layak untuk dibilang baik, proses ujian saringan masuknya objektif, banyak pendaftar yang gugur, dan tim seleksi mahasiswa memang berorientasi untuk mendapat calon mahasiswa terbaik, bukan hanya untuk mendapatkan mahasiswa dalam jumlah banyak agar program tersebut tetap berdiri saja (ini bukan kata saya loh, tapi kata salah satu dosen penguji saya hehehe...).

Setiap tahun program pascasarjana ITB membuka dua kali pendaftaran, info lengkapnya bisa dibaca di http://www.sps.itb.ac.id/ind/pendaftaran/persyaratan-magister/.

Secara garis besar, ada empat tahap yang harus dilalui untuk masuk pascasarjana ITB. Tahap pertama adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini ada dokumen-dokumen yang harus diisi dan dilengkapi, seperti transkrip nilai dan ijazah S1 yang sudah dilegalisir, pasfoto, dan surat pernyataan belum pernah mengundurkan diri atau Drop Out dari ITB. Oh iya, masih ada lagi surat keterangan sehat dari dokter, surat rekomendasi dan beberapa lembar formulir yang harus diisi. 

Untuk yang sudah bekerja, surat rekomendasi ini bisa diperoleh dari atasan, (karena saya PNS saya minta surat rekomendasinya dari atasan langsung saya, Eselon IV dan eselon III saja di kantor), sementara untuk yang belum bekerja, surat rekomendasi ini bisa diperoleh dari dosen pembimbing di kampus terdahulu.

Sementara formulir isian, berisi data-data pribadi yang harus diisi, dari mulai riwayat akademik, karya tulis yang pernah dibuat, organisasi yang pernah diikuti, dan penghargaan yang pernah diraih. Ada juga satu lembar halaman tersendiri yang berisi harapan dan cita-cita setelah mengikuti program pascasarjana ITB. Saran saya, pintar-pintarlah merangkai kata =D, meski jangan juga terlalu berlebihan, jujur saja tentang impian kita ke depannya.

Dokumen yang sudah lengkap diisi bisa dikirim lewat pos atau bisa juga diantar ke Gedung Annex langsung. Untuk yang belum tes TOEFL dan TPA, harap disertakan juga kwitansi pembayaran sebagai bukti untuk mengikuti kedua tes tersebut.

Tes tahap selanjutnya adalah tes TOEFL. Syarat minimal untuk lulus ada di angka 475. Pendaftaran tes TOEFL ini langsung saja ke UPT Pusat Bahasa ITB, gedungnya ada di sebelah gedung Farmasi. Tesnya juga biasanya diadakan di dekat-dekat situ, biasanya turun satu lantai ke basement. Tes TOEFL yang diselenggarakan sebenarnya adalah tes ELPT (English Language Proficiency Test) jadi in sha Allah tidak akan terlalu susah. Terdiri dari tiga bagian tes yaitu listening, structure dan reading. Hasil tes TOEFL berlaku selama dua tahun.

Skor yang nanti diberikan masih harus dikonversi lagi, berikut adalah tabel konversi dari skor ELPT-ITB ke skor TOEFL-PBT (Paper Based Test):
NoELPT – ITBTOEFL (Paper-Based Test)
10310
27310
314317
421327
528350
635377
743397
850417
957433
1064450
1171463
1278480
1385497
1492513
1599523
16106537
17113550
18120563
19128570
20134587
21142600
22149620
23156637
24163650
25170677
Sumber: Sertifikat ELPT ITB.



Nah setelah mengikuti tes TOEFL ini, tes selanjutnya adalah Tes Potensi Akademik, meski diselenggarakan oleh Bappenas Jakarta, jangan khawatir karena tesnya dilakukan di ITB. Biasanya TPA ini diselenggarakan di GKU Timur, jadi siap-siap saja naik tangga =D.

Jika Tes TOEFL bisa selesai dalam waktu kurang lebih dua jam, maka tes TPA ini memakan waktu yang lebih lama. Jangan lupa sarapan dulu sebelum tes dan bawa bekal air minum. Alat tulis juga sebaiknya dipersiapkan dengan baik, bawalah pensil cadangan karena jka patah, sayang sekali waktu tes akan terbuang percuma untuk menyerut pensil. 

Selesai tes TOEFL dan TPA, masih ada lagi tes materi. Tes ini biasanya terkait dengan jurusan dan sub jurusan yang ingin dimasuki. Tapi biasanya sebelum tes, panitia akan mengirimkan kisi-kisi soal berupa judul dari materi yang akan diujiankan lewat email. Contohnya, karena saya ingin masuk subjurusan Rekayasa Manajemen Infrastruktur Prodi Teknik Sipil maka yang akan diujiankan adalah materi berikut ini:

1.  Probabilitas dan Statistik: 



  • Statistik deskriptif (histogram, rata-rata, standar deviasi, modus, median, kemencengan), 
  • Fungsi densitas probabilitas atau PDF (normal, standar normal).


2.  Ekonomi Teknik: 



  • Nilai waktu dari uang serta nilai ekivalennya (single payment, uniform series), 
  • Pemilihan alternative proyek (metoda present worth, future worth,dan annual worth)
3. Manajemen Proyek: 


  • Pengetahuan Manajemen Proyek Konstruksi (tahapan, pihak-pihak, pengertian kontrak),
  • Penjadwalan dengan CPM atau AOA (penetapan jalur kritis, pembuatan bar chart dan kurva S   hasil AOA)

 4. Teknologi Material Konstruksi: 



  • Teknologi Beton (sifat fisik, tahapan pelaksanaan),
  • Teknologi Baja (sifat fisik).


Kisi-kisi ini membantu meminimalisir apa saja mata kuliah jaman sarjana dulu yang harus dipelajari lagi.

Tes materi ini biasanya diselenggarakan pada hari yang sama dengan tes wawancara, jadi jangan dulu pulang setelah tes. Pertanyaan ketika wawancara ini biasanya sederhana tapi menjebak, seperti apa motivasi masuk ITB, motivasi masuk jurusan yang dipilih, pengalaman kerja, keterkaitan jurusan yang diambil dengan pekerjaan, apa yang diketahui tentang jurusan yang diambil, apa yang akan dilakukan setelah lulus, masalah pendanaan ya begitu-begitulah. Yang mewawancarai biasanya adalah dosen dari jurusan yang diambil jadi besar kemungkinan jika lulus dan kemudian mengikuti perkuliahan kita akan bertemu kembali dengan dosen yang mewawancarai kita ketika masuk.

Nah setelah keempat tahap tersebut dilalui, hal terakhir yang harus dilakukan adalah menunggu pengumuman hasil test. Seluruh pengumuman dari mulai hasil tes TOEFL, TPA dan pengumuman akhir berupa lulus tidaknya masuk pascasarjana ITB diumumkan di website. Jenis lulus ini pun ada bermacam-macam, lulus memang beneran lulus dan lulus bersyarat. Jadi jika namanya tidak tercantum di daftar lulus jangan dulu berkecil hati, siapa tahu namanya ada di daftar lulus bersyarat, biasanya daftar lulus bersyarat ini karena hasil tes TOEFL atau TPA-nya belum disetor ke Annex. Pengalaman saya untuk hasil TPA, pihak Bappenas selain mengirim hasilnya kepada peserta juga mengirim salinannya langsung ke ITB, sementara hasil tes TOEFL harus diambil sendiri ke UPT Bahasa dan diberikan ke Annex.

Nah, selesai sudah semua tahapan yang harus dilalui untuk masuk pascasarjana ITB, tinggal banyak-banyak berdoa agar diberi yang terbaik. Good Luck.

Komentar

  1. makasih udah sharing ya mbakk, tambah semangat aja nih S2 di ITB ambil ambil MBA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dimudahkan Mas, terima kasih juga sudah berkunjung k blog saya :)

      Hapus
    2. Hi, aku juga mau masuk MBA nih. Can we just share each other?
      1. Aku udah punya hasil ELPT duluan sebelum daftar, apa aku harus tes lagi? skor elpt 523, toefl non ITB 570. Baru keluar bulan april ini skornya dua duanya.

      2. Aku belum tes GMAT atau AAT. Gimana caranya? Daftar kemana? Apakah harus daftar pasca ITBnya dulu baru tes AAT atau tes AAT nya dulu sampe dapet AAT 420 baru daftar pasca?

      3. Aku dari jurusan Public Adm sebelumnya, mau masuk MBA is that ok?

      Hapus
    3. Hi, aku juga mau masuk MBA nih. Can we just share each other?
      1. Aku udah punya hasil ELPT duluan sebelum daftar, apa aku harus tes lagi? skor elpt 523, toefl non ITB 570. Baru keluar bulan april ini skornya dua duanya.

      2. Aku belum tes GMAT atau AAT. Gimana caranya? Daftar kemana? Apakah harus daftar pasca ITBnya dulu baru tes AAT atau tes AAT nya dulu sampe dapet AAT 420 baru daftar pasca?

      3. Aku dari jurusan Public Adm sebelumnya, mau masuk MBA is that ok?

      Hapus
  2. Hi kak, aku juga mau masuk MBA nih. Can we just share each other?
    1. Aku udah punya hasil ELPT duluan sebelum daftar, apa aku harus tes lagi? skor elpt 523, toefl non ITB 570. Baru keluar bulan april ini skornya dua duanya.

    2. Aku belum tes GMAT atau AAT. Gimana caranya? Daftar kemana? Apakah harus daftar pasca ITBnya dulu baru tes AAT atau tes AAT nya dulu sampe dapet AAT 420 baru daftar pasca?

    3. Aku dari jurusan Public Adm sebelumnya, mau masuk MBA is that ok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Risa...

      Untuk pertanyaan no 1 dan 2 sebaiknya ditanyakan langsung ke Pascasarjana ITB saja, no telponnya: 022 2511495, saya khawatir ada perubahan kebijakan soalnya. Pengalaman saya, no telpon itu gampang dihubungi kok, yang menerima juga responsif dan bersedia menjawab berbagai pertanyaan kita. Selamat mencoba :)

      Untuk pertanyaan no. 3, sebenarnya ngga masalah meskipun jurusan yang ingin kita masuki ketika S2 tidak linier dengan latar belakang S1 kita sebelumnya. Syarat mutlaknya hanyalah: bisa menyelesaikan soal-soal yang diujikan dalam ujian masuk S2-nya saja. Saya punya banyak teman-teman di pasca sarjana teknik sipil yang berasal dari teknik planologi ketika S1, bahkan ada juga teman saya yang lulusan kedokteran Unpad tapi mengambil S2 jurusan Teknik Mesin =D. Saya pikir itu kembali pada pilihan masing-masing. Yang penting: lulus ujian masuknya saja. Semoga berhasil Risa :)

      Hapus
  3. Makasih infonya.

    Nawassyarif.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Mbak Nurmala,
    Saya jadi terharu membayangkan perjuangan mbak untuk menyelesaikan sekolah S2.
    Saya mau bertanya mbak, disini tertulis jika mbak mengikuti dua kali periode seleksi, apakah kita tidak mendapat blacklist dari ITB jika mengundurkan diri saat status kita sudah lolos seleksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak untuk empatinya Mas Ari, memang tidak mudah untuk saya, tapi setiap orang punya perjuangan masing-masing, dan saya yakin ada banyak orang dengan perjuangan yang jauh lebih hebat dari saya, membuat saya merasa kerdil sekali huhuhu...

      Mengundurkan diri saat baru mendapat pengumuman lulus ujian itu tidak apa-apa Mas, mendapat blacklist itu kalau kita sudah mendaftar ulang sebagai mahasiswa (mendapat NIM, dsb) dan mengikuti perkuliahan lalu berhenti di tengah jalan sebelum selesai entah karena drop out atau alasan lain yang membuat kita berhenti kuliah. Itu yang dimaksud di surat pernyataan tidak pernah mengundurkan diri atau drop out dari ITB. Semoga jawabannya memuaskan Mas, Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :)

      Hapus
  5. Selamat siang mbak Nurmala, jika untuk mengambil tes TPA di ITB, informasinya bisa dilihat dimana untuk jadwal dan pendaftaran ? Terima kasih sebelumnya dan sharingnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. Waah...maaf baru dibalas Mas Galuh, tes TPA di ITB biasanya diadakan hampir berbarengan dengan ujian masuk pascasarjana, jadi biasanya cuma diadakan dua kali dalam setahun. Berbeda dengan tes ELPT yang dikelola oleh UPT Bahasa ITB sendiri, untuk tes TPA, ITB masih bekerjasama dengan Bappenas, karena itulah meskipun tes TPA dilaksanakan di kampus ITB tetapi hasilnya selain bisa dilihat via website juga dikirim lewat pos ke rumah dari Bappenas Jakarta. Jadwal pelaksanaan tes TPA bisa dilihat di situs sekolah pascasarjana ITB: www.sps.itb.ac.id, no telponnya (022) 2511495. Semoga membantu :)

    BalasHapus
  7. Mba, boleh nanya :
    1. Untuk sertifikat toefl, apakah sertifikatnya hrs yg dikeluarkan oleh UPT Bahasa ITB atau bs dari lembaga bahasa lainnya (seperti lembaga2 kursus bahasa Inggris yg skrg byk di Indonesia) ?

    2. Bagaimana dengan jadwal perkuliahannya ? Apakah sama seperti wkt S1, ada yg reguler dan karyawan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf slow response y Mba :),
      1. Sebaiknya menggunakan sertifkat Toefl yang dikeluarkan oleh ITB saja.
      2. Jadwal perkuliahan di ITB reguler Mba, jadi tidak ada kelas karyawan, dulu perkuliahan jurusan RMI pun pernah diadakan hanya pada hari Sabtu dan Minggu mengingat kebanyakan pesertanya adalah karyawan, tapi sejak beberapa tahun terakhir ini dijadikan reguler.

      Hapus
    2. Tambahan, di MBA ITB Bandung ada kelas karyawan, kuliahnya Jumat malam, dan hari Sabtu dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Minimal 3 tahun pengalaman kerja. Kalau kelas Jakarta kuliah Sabtu Minggu 2 minggu sekali, sekali dalam sebulan masuk hari Jumat.coba lihat laman http://www.sbm.itb.ac.id/mba

      Hapus
  8. Artikelnya bagus mba :) Saya juga rencana mau masuk S2 teknik sipil itb, amin. Tapi background S1 Fisika jadi masih bingung dgn kelompok keahliannya, tp cenderung ke rekayasa struktur.
    Kira2 dr seluruh kelompok keahlian yg paling besar dari segi peluang kerjanya pilih yg mana ya? (maaf klo pertanyaannya aneh hehe)
    Dan klo boleh kisi-kisi tes tulis rekayasa struktur jg :D?
    makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ada Mas, tapi harus saya cari dulu filenya :) ada alamat email yang bisa dihubungi?, kalau sudah ketemu insya Allah saya emailkan.

      Hapus
    2. maaf mba baru balas :D ini emailnya
      padilmuslim@gmail.com
      terima kasih mba :)

      Hapus
    3. Mas sudah saya email ya...mohon maaf telat.

      Hapus
    4. Artikelnya bagus mba :) Saya juga rencana mau masuk S2 teknik sipil itb, amin. Tapi background S1 Fisika jadi masih bingung dgn kelompok keahliannya, tp cenderung ke rekayasa struktur.

      *kelompok keahlian rekstruk memerlukan dasar ilmu hitung yang kuat, sepertinya nyambung ya kalau dengan fisika, meskipun fisika yang digunakan adalah terapan tapi saya yakin pasti bisa jika ada kemauan yang kuat. Ada teman saya dari S1 Planologi yang juga mengambil KK Rekayasa Struktur, hampir setiap hari ia belajar di perpus sipil sampai hampir larut malam, dan hasilnya ia bisa lulus cum laude, jadi ayo mas, semangat =D

      Hapus
    5. Kira2 dr seluruh kelompok keahlian yg paling besar dari segi peluang kerjanya pilih yg mana ya? (maaf klo pertanyaannya aneh hehe)

      *Nah kalau untuk lapangan kerja yang paling menjanjikan sepertinya sih relatif ya mas, meskipun menurut saya sendiri pilih yang sesuai dengan minat saja, hidup terlalu singkat untuk dihabiskan dengan memaksakan pilihan pada sesuatu yang tidak kita sukai.

      Hapus
    6. Terima kasih telah berbagi pengalamannya, Mba Nurmala.
      Saya juga berencana untuk masuk s2 teknik sipil. Saya sudah daftar tapi ternyata ga dikasih kisi-kisi.
      Boleh saya minta kisi-kisi untuk manajemen dan rekayasa konstruksi mba? soalnya saya bukan dari jurusan teknik sipil. Kalau punya dan berkenan tolong dikirimkan ke alamat eva.angelina31@gmail.com. Terima kasih ya,mba. Maaf merepotkan :)

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Mbak, ada alamat email yang lain?, sudah saya kirim ke alamat yang mbak kasih tapi gagal kirim.

      Hapus
    9. SAlam kenal Mbak Nurmala, saya Fitri. Artikelnya bagus sekali, sangat bermanfaat. Mbak, bolehkah saya juga dikirim kisi2 untuk Manajemen dan Rekayasa Konstruksi? Email saya di fitri.trisnauly.f@gmail.com

      Terima kasih :)

      Hapus
    10. Salam mba nurmala. Terimakasih pengalaman dalam perjuangan yang luar biasa mba. Mba keren sekali! Kalau boleh saya juga di emailkan untuk kisi-kisi restruk. Terimakasih mba sebelumnya. :))
      amirah220797@gmail.com

      Hapus
    11. Hai mba, bisa saya mnta kisi-kisi dan mungkin materi yg dlu dipakai buat belajar ??

      Hapus
  9. assalamu'alaikum..maaf mba. apakah akreditasi program studi S1 menjadi persyaratan untuk mendaftar s2 itb..? dan apakah jurusan yang akan dimasuki harus sebidang dengan jurusan S1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jurusan S1 tidak harus selalu linier dengan jurusan S2, kecuali jika kedepannya ingin menjadi dosen maka pilihan jurusan yang linier dengan S1 menjadi syarat utama.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. mba klo tes TPA nya itu daftarnya gmn?

    BalasHapus
  12. mba, kalo kisi kisi s2 teknik sipil konsentrasi geoteknik, punya gak? terima kasih

    BalasHapus
  13. mba, kalo kisi kisi s2 teknik sipil konsentrasi geoteknik, punya gak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas, alamat email saja, nanti saya emailkan.

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum mba, mau nanya kalo misal udah lulus; trus udah pilih almamater tp ga di ambil, kira2 di blacklist ga ya mba nama kita kalo ikut tes s2 ITB semester depan?

      Hapus
    3. Tapi belom daftar ulang mba, oh ya zaitun jadi ambil geoteknik tes kmrn ga?

      Hapus
    4. Ngga diblacklist kalau belum daftar ulang Mbak, saya juga begitu soalnya. Daftar yang pertama lulus, tapi ngga saya ambil. Daftar lagi untuk kali kedua, alhamdulillah lulus lagi, baru deh saya daftar ulang

      Hapus
    5. Assalamualaikum. mbak, boleh sy mau minta kisi-kisi untuk s2 teknik sipil geoteknik? kalau berkenan bs di kirim ke pratamabw@gmail.com
      terimakasih mbak :D

      Hapus
    6. assalamu;alaikum mba,,
      saya juga minta kisi-kisi TPA nya dong mba..
      email saya dewiqdfour@gmail.com
      makasii mba

      Hapus
  14. Maaf mbak mau nanyak, kalo misalnya S1 berasal dari (Teknik Sipil Pendidikan, Spd (dengan pengalaman 2 tahun kerja di dunia konstruksi), dan akan mengambil S2 Teknik Sipil murni Di ITB kira kira apakah Bisa? Terimakasih Sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya yakin bisa mas, pilihan jurusan s2 itu tidak harus linier dengan jurusan s1, yang penting Mas Galih bisa lulus ujian masuknya saja. Ada banyak teman saya di pasca yang bukan berasal dari jurusan teknik sipil, ada yang dari arsitektur, planologi, bahkan dari matematika juga ada.

      Hapus
  15. Mbak mau tanya, apakah kalau sudah lulus elpt & tpa sudah pasti lulus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tentu lulus mas, karena ada komponen penentu yang lain yaitu tes substansi dan wawancara.

      Hapus
  16. Mba bole tnya nih
    1. Klo toefl ITP nya boleh dignti dengan sertifikat IELTS internasional gg? Min skor ielts nya brp klo diterima? Ielts aku band nya 6.0.
    2. Klo ngambil double degree kimia, syarat2 nya sama gg? Ada tes tmbhan gg?
    3. S-1 aku jur pend. Kimia bisa gg ya ngambil double degree kimia nya.
    Mohon saran and jawabannya mba. Makasih

    BalasHapus
  17. mba saya mau nanya, saya mau daftar s2 juga di ITB untuk semester ganjil tahun 2016 nanti, apakah ketika sign up data yang diunggah masih bisa di edit mba? berhubung masih banyak data yang belum lengkap saya mau unggah yang ada dulu mba, makasih jawabannya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai..pengalaman saya daftar ke S2 ITB kemarin awalnya saya daftar di Prodi Pengelolaan Infrastruktur Sumber daya Air dan sanitasi tp saya ganti ke Teknik Lingkungan, saya ganti prodi sebelum saya upload bukti transfer membayar biaya ujianmasuk.. setelah saya upload bukti transfernya baru saya dapet email dari panitia kalau saya terdaftar di S2 Teknik Lingkungan.. saya juga daftar di semester ganjil tahun ini.. semoga sukses dan lulus yah...

      Hapus
    2. Ibu hanifah saya mau tanya untuk ujian masuk jurusan teknik lingkungam apa di beri kisi2 jiga sebelum ujian?
      Karena backround s1 saya buka teknik lingkungan nih

      Hapus
  18. Wah makasih mba atas info s2 ITBnya. Saya tepat tahun ini atau sekarang sedang mempersiapkan untuk TPA. Hehe
    Rencana saya mau ambil Teknik dan Manajemen Industri. Nah katanya sebelum test dapat kisi2 ya, itu dikasih kisi2 dekat2 mau ujian atau jauh2 hari ya? Hehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak semua jurusan ngasih kisi-kisi ya mas, soalnya teman saya yang daftar di Planologi ternyata ngga dapet email kisi-kisi seperti saya. Kisi-kisi itu diberikan sebagai lampiran dalam surat panggilan untuk mengikuti ujian (jadi setelah lulus seleksi administrasi).

      Hapus
  19. cerita mba cukup inspiratif sekali hehe. terimakasih banyak mba

    saya kebetulan berencanan meneruskan kuliah S2 saya di itb dengan mengambil t.sipil rekayasa struktur pd tahun ini. kira2 ada ga mba kisi2 nya untuk ujian rekayasa struktur? trimakasih mba

    wisnusambhara@gmail.com

    BalasHapus
  20. Terimakasih atas sharing pengalamannnya mbak. Mau nanya, pendaftaran S2 ITB apa di buka setiap tengah tahun atau dimulai saat akan semester ganjil seperti S1, atau tiap semester juga dibuka? terimakasih..mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendaftaran S2 ITB dibuka dua kali dalam setahun Mas Imam,setiap awal semester ganjil dan genap. Info lengkap waktu pendaftaran bisa dilihat di http://www.sps.itb.ac.id/ind/pendaftaran/persyaratan-magister/.

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, nanti saya emailkan ya mas, mengenai pilihan jurusan, gimana ya, mungkin disesuaikan dengan minat dan pekerjaan Mas saja, bisa dihubungkan juga dengan alasan Mas memilih sipil meskipun s1 nya bukan sipil, sekedar gambaran saja, geotek menitikberatkan ilmu pondasi dan tanah, struktur lebih ke ilmu hitung rancang bangun konstruksi gedung, MRK tentang manajemen konstruksi bangunan, STJR dan transportasi salah satunya ya tentang transportasi dan rekayasa lalu lintas, SDA itu lebih ke bangunan air dan RMI itu mencakup semua bidang di sipil, termasuk manajemen dan pengelolaan aset infrastruktur. yang disebut dengan manajemen disini selain berbicara tentang pengaturan konstruksi juga tentang pengelolaan maintenance bangunan gedung.
      nah Mas kerjanya dibidang apa dan minatnya dimana
      ada yang bilang struktur itu paling susah, karena isinya ngitung semua, makanya perlu dasar matematika dan fisika yang lumayan kuat. tapi ya itu tadi kembali ke minat dan kebutuhan saja ya Mas.

      Hapus
  23. salam mbak...
    saya brencana msuk S2 statistik dan S1 saya Pendidikan Matematika, gmn mnurut pndapat mbak?
    kisi2 soal ujian msuk S2 statistik ada mbak? klau ad saya mnta tlg y mbak e-mail kn k sya..

    ini e-mail saya: polite.ibal@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau soal statistik saya ngga punya mas, soalnya saya masuknya jurusan sipil, mohon maaf ya...

      Hapus
  24. Assalamualaikum...Mba terima kasih atas infonya sangat bermanfaat ...mba bisa kirimkan kisi-kisi untuk s2 teknik sipil? Soalnya saya berencana melanjutkan s2 di itb alamat email sy ikajunsu001@gmail.com terima kasih ya mba

    BalasHapus
  25. Salam mba Nurmala Fauzan, Terima kasih atas sharing pengalamannya.
    S1 saya bukan teknik sipil namun saya tertarik untuk masuk magister rekayasa geoteknik, bisa kirimkan contoh tes soal masuk atau kisi2 rekayasa geteknik ? terimakasih sebelumnya.
    email : risman.chandra@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Risman, masih perlu kah kisi2 soal ujian test nya?

      Hapus
    2. sudah saya kirim ya, mohon maaf telat. Nah ada dari mbak Ajeng juga, dikirim juga aja Mbak, buat nambah referensi.

      Hapus
    3. maaf mbak ajeng dan mbak nurmala apakah masih ada kisi-kisi untuk ujiannya? email saya di adi18121992@yahoo.co.id maaf ngerepotin, terima kasih atas perhatiannya

      Hapus
    4. Udah saya email Diplo...

      Hapus
    5. siang mba Nurmala dan mba ajeng saya berencana mau test s2 di semester genap ini jurusan teknik sipil rekayasa geoteknik, jika boleh saya mau minta kisi-kisi nya mba ke meilani.adriyati@yahoo.com
      terimkasih banyak

      Hapus
    6. Ibu Nurmala dan ibu Ajeng saya juga berencana mau mengambil s2 geoteknik, apakah boleh saya meminta kisi2 soalnya ke lakhsmidw@gmail.com ? Terimakasih banyak

      Hapus
  26. Mba Nurmala salam kenal yah.. terimakasih postingannya membantu banget buat calon mahasiswa seperti saya.. oh iya buat yang Daftar S2 ITB Program Studi Teknik Lingkungan untuk semester ganjil Tahun 2016, salam kenal yah, Saya Hani Orang Bogor tp tinggal di Riau..hehe.. moga yang mau daftar bisa lulus yah.. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mbak, terima kasih sudah berkunjung di blog saya, semoga diterima dan sukses ya... :)

      Hapus
  27. Mba nurmala, salam kenal ya, saya juga rencananya mau daftar s2 itb, tapi jurusan MSM. Mba, yg bagian file pernyataan tujuan itu, ada trik2 khusus menulisnya ga mbak? Boleh saya lihat contoh punya mba g? Makasih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah...mohon maaf sekali Mbak, karena waktu itu saya ngisinya tulis tangan, jadi lupa ngga dicopy file pernyataan tujuan punya saya.
      hmmmm...triknya apa ya, seoptimis, seidealis dan sejujur mungkin aja ya sepertinya, soalnya biasanya apa yang kita tulis disitu ditanyain lagi ketika wawancara.

      Hapus
  28. Assalamu'alaikum mba nirmala..
    saya siska.. saya berencana masuk Program studi MRK. karena mbak nirmala Manjamen Infrastruktur saya rasa materinya tidak jauh berbeda.
    mba nirmala bisa mengirimkan kisi2 soal MRK ke pada saya lewat email siskahalvireski@gmail.com ?
    terima kasih sebelumnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim ya, mohon maaf telat

      Hapus
    2. Assalamaualaikum mbak nurmala, saya juga brencana msuk jrusan MRK, bisakah mbak mengirimkan lagi ksi2 soal mrk nya.. Email saya rahmad.adelmaulana@yahoo.com atau rahmad.adelmaulana@gmail.com ..
      Terima kasih sebelumnya mbak..

      Hapus
    3. Selamat sore mbak nurmala. Saya juga berencana masuk MRK ITB. Bolehkah saya minta kisi2 soal ujian masuk MRK ITB? Email saya mfakhrig@gmail.com
      Terima kasih

      Hapus
  29. Permisi mba Nirmala, saya Evy. Rencananya saya mau daftar S2 ITB Teknik Lingkungan, saya S1 Biologi, bisa kan ya? Kalau tes tertulis program studinya bentuknya pilihan ganda dengan LJK atau essay gitu mba? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal mba Evy.. saya juga mau daftar S2 Teknik Lingkungan.. Semoga kita sama2 lulus yah.. Aamiin

      Hapus
    2. Bisa Mbak, insya Allah bisa...disempurnakan saja ikhtiarnya dan diperbanyak do'anya. Saya kurang tau ya Mbak kalau soalnya teknik lingkungan gimana, tapi setau saya, tipikal soal di kampus ITB itu soalnya sedikit, tapi karena essay, jawaban satu soal bisa berlembar-lembar *berdasarkan pengalaman kuliah dari sejak S1 sampai S2 disana =D

      Hapus
  30. Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah bersedia berkunjung ke blog saya dan meninggalkan komentar. Mohon maaf yang sebesar-besarnya juga untuk teman-teman yang memerlukan soal, tapi lambat saya respon. Mohon dimaklumi,karena satu dan lain hal saya jarang buka blog sekarang.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  31. Assalamualikum mbak Nurmala Fauzan. Sebelumnya yerimakasih atas sharingnya. Sangat bermanfaat. Saya mau nanya mbak, kira kira beasiswa apa aja mbak yang tersedia untuk program pasca sarjana ITB? Dan mungkin bisa sharing sesikit bagaimana caranya mbak bisa dapat beasiswa unggulan tersebut.
    Terimakasih mbak.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum mbal, syaa mau ikut tes S2 ITB ngambil geoeknik. boleh minta kisi-kisinya gak mba ? email saya julita12hayati@gmail.com . Makasih m bak

    BalasHapus
  34. Assalamu'alaikum Mbak Nurmala...
    Mbak, ada gak ya kisi-kisi utk jurusan teknik elektro? klo ada boleh dong dikirim ke email saya, agus3adi@yahoo.com..
    Jazakillah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, tidak punya Mas, saya hanya punya kisi-kisi untuk teknik sipil saja.

      Hapus
  35. Assalaamu 'alaykum Wr. Wb..

    Mbak Nurmala, kalau boleh saya minta kisi-kisi untuk jurusan RMI.. Email saya: kaktusx21@gmail.com..

    Terimakasih Mbak..

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum mbak..
    Mbak, saya boleh minta kisi-kisi untuk seleksi S2 ITB jurusan Teknik Sipil program studi Rekayasa Sumber Daya Air gak mbak..???
    Email : nurlelyhardiantizendrato@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya ya mbak..

    BalasHapus
  37. Mba, sebelumnya terimakasih sudah berkenan sharing pengalaman masuk s2 itb nya, sangan informatif sekali. Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan :
    1. Mudah2an belum terlambat, 2 hari kwdepan saya dijadwalkan tes pengutamaan dan wawancara s2 tek sipil subjur RMI. Jika berkenan, mohon diemailkan juga kisi2 tes tulis untuk subjur RMI,MRK. Dan geotek ke nuranitaana@gmail.com

    2.Tempo hari saya mendaftar 1 pilihan subjur saja yakni RMI, padahal di form nya tersedia pilihan kedua untuk subjur lain yg kita minati. Dulu, mba ambil 1 pilihan saja yakni RMI atau menulis pilihan kedua juga mba? Kalau iya,sunjur apa yg diambil? Mohon berkenan berbagi pengalaman dan strateginya mba dikarenakan saya masih bingung mau melingkari pilihan kedua yg mana.

    3. Kalo mba pas ambil judul tesis di RMI, judul sama konsentrasinya lebih ke bidang apa ya?

    Mohon maaf dan terimakasih untuk berkenan membalas pertanyaan saya mbak. Sukses selalu untuk mbak.

    BalasHapus
  38. share ilmunya bermanfaat sekali mba, saya berencana ambil S2 Teknik Kelautan.
    kira2 ada kisi-kisinya tidak?
    mohon di email ke rahmat.ajie88@gmail.com

    terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, tidak punya Mas, saya hanya punya kisi-kisi untuk teknik sipil saja.

      Hapus
  39. halo mba
    saya mau nnaya
    saya baca di sitenya bahwa biaya pendidikannya 10.5 juta persemester,
    kira-kira ada beasiswa ga mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beasiswa banyak, ada dari LPDP, ada dari Ristekdikti, banyak.

      Hapus
  40. permisi mba,
    saya kebetulan dari D4 MRK dan berencana melanjutkan S2 di ITB. saya sebenarnya berminat mendalami perencanaan wil. kota apakah bisa saya mengambil S2 untuk pwk? bila tidak saya berencana tetap mendalami MRK.
    untuk kisi-kisi S2 MRK, kalau boleh mohon di email ke alessacuaca@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  41. Assalamu'alaykum teh nurmala...
    Saya berencana mendaftar di semester genap tahun 2017 di Rekayasa Transportasi ITB.
    boleh minta dikirimkan kisi-kisi nya ke fahmi.si06@gmail.com

    Makasih sebelumnya mbaak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf terlambat, saya jarang buka blog lagi sekarang, sudah dikirim yaa...

      Hapus
  42. Assalamualaikum mbak nurmala fauzan terimakasih atas petunjuknya pendaftaran s2, mbak saya ingin daftar s2 teknik sipil konsentrasi struktur, boleh minta tolong juga untuk dikirimkan kisi2nya, ini mbak alamat email saya, kurniadwianggraini@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya maaf merepotkan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak. Saya juga mau dong kak untuk kisi kisi soal tes tertulinya kak. Terima kasih bannhak kak. Email saya syidiqmulya2706@gmail.com bagian rekayasa Struktur ya kak. Terima kasih kak.

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf terlambat, saya jarang buka blog lagi sekarang, sudah dikirim yaa...

      Hapus
  46. Permisi Mbak Nurmala, terima kasih buat sharingnya sangat menginsirasi buat saya meraih cita-cita saya kuliah di ITB. Saya mau tanya mbak, kalau daftar program pascasarjana ITB ke program studi tertentu apakah program sarjana nya harus sama ? Saya berniat masuk Teknik Mesin dari sarjana teknik industri universitas lain.


    Mohon sharing dan pengetahuannya ya Mbak, Terima kasih sebelumnya Mbak Nurmala :))))

    BalasHapus
  47. Mbak, blh saya minta kisi2 soalnya. Klo blh, ini almt email sy: abcdortyh@gmail.com

    Thx sblmnya, mbak

    BalasHapus
  48. Mbak, ada gak ya kisi-kisi utk magister rekayasa struktur? klo ada boleh dong dikirim ke email saya, marthin8795@gmail.com

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum mbak nurmala, ceritanya inspiratif sekali, menambah semangat saya untuk melanjutkan S2 di ITB. Saya berencana untuk mengambil konsen di MRK mbak, kalo dari crita mbak nurmala di atas sblum tes nnti ada kisi2 yg diberikan. Kalo ada, boleh saya minta tlong dkirim ke email saya mbak ade_jayasaputra@yahoo.com. trimakasih mbak sbelumnya.. smoga tulisan mbak selalu bermanfaat..

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum mba ceritanya sangat bermanfaat ...mba bisa minta tolong dikirimkan kisi-kisi untuk s2 teknik sipil ke alamat email dinaachmadi@gmail.com. Semoga kebaikan mba dibalas Allah SWT. Terima kasih ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf terlambat, saya jarang buka blog lagi sekarang, sudah dikirim yaa...

      Hapus
  51. hai kak aku mau nanya, kalo misalnya udah lolos pasca ITB genap tp mau dftr lagi d smster ganjil bisa ga? apa ga kena blacklist?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh de, saya juga begitu kok..

      Hapus
    2. itu pake surat defer atau ga usah daftar ulang aja? soalnya takut kena blacklist 😥

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum mbak.. saya juga ingin mencoba mendaftar S2 MRK di ITB, boleh minta tolong mengirim kisi2nya ke alamat email saya ke niahayati123456789@gmail.com, terima kasih banyak mbak...

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum mba...
    Saya alumni teknik sipil usu sub jurusan struktur, tetapi saya inin mencoba mendftar di sub jurusan MRK di S2 Teknik sipil ITB, mba boleh saya request minta dikirimkan kisi2 untuk s2 teknik sipil itb... trutaman untuk bidang studi sub jurusan MRK mba... emai saya fathurrahman1997@gmail.com saya rencana ujian bulan februari ini... trima kasih mba saya tunggu kabar baiknya...

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum mba...
    Saya alumni teknik sipil usu sub jurusan struktur, tetapi saya inin mencoba mendftar di sub jurusan MRK di S2 Teknik sipil ITB, mba boleh saya request minta dikirimkan kisi2 untuk s2 teknik sipil itb... trutaman untuk bidang studi sub jurusan MRK mba... emai saya fathurrahman1997@gmail.com saya rencana ujian bulan februari ini... trima kasih mba saya tunggu kabar baiknya...

    BalasHapus
  55. Selamat pagi mbak
    saya berminat untuk masuk S2 jurusan MRK Teknik Sipil ITB, apa boleh minta dikirimkan kisi2nya ke nugraha.saputra3@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  56. selamat pagi mbak, saya berminat masuk S2 prodi MRK, boleh kirimin kisi-kisi S2 teknik sipil ITB ke email saya stefanyalayasitepu@gmail.com. terimakasih,saya tunggu ya mbak.

    BalasHapus
  57. Selamat malam mbak Nurmala, maaf mengganggu malam2 begini. Saya Bagus Bahana sangat berminat masuk S2 di teknik sipil ITB dengan sub jurusan rekayasa struktur. Saya minta tolong yaa mbak jika sedang tidak sibuk mohon untuk dikirimkan kisi2 soal tentang rekayasa struktur. Ini mbak alamat email saya yaa mbak: bagusbahana2012@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya maaf saya merepotkan mbak :)

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum mba nurmala,saya juga ada niat insyaallah pgn s2 teknik sipil di itb,backgroud saya teknik geodesi,bgusnya fokus kemana utk s2 teknik sipil nya,kalau bisa juga yang nantinya bnyk peluang kerja nya..o ya,boleh minta kisi kisi ujian tertulis dan wawancara nya bagaimana? Ini email saya elisameiyenti@gmail.com. Syukron...

    BalasHapus
  59. Assalamu'alaikum mbak.. saya juga ingin mencoba mendaftar S2 MRK di ITB, boleh minta tolong mengirim kisi2nya ke alamat email saya ke rezailham26@gmail.com, terima kasih banyak mbak...

    BalasHapus
  60. hallo mba :) Nurmala

    boleh dong di bahas lebih lanjut mengenai tips lolos beasiswa Unggulan :))

    terimakasih.

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum Mba Nurmala, saya tertarik ambil s2 teknik sipil itb juga, prodi rekayasa transportasi, apa mba punya kisi-kisi untuk tes nya juga? kalo ada bisa email ke hana.krmh@gmail.com terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mau nanya nih, apa kamu udah kuliah di rektrans s2 itb, ato baru mau daftar?

      Hapus
    2. Halo, mau nanya nih, apa kamu udah kuliah di rektrans s2 itb, ato baru mau daftar?

      Hapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  63. Assalamualaikum mbak, salam kenal ini farhan lulusan s1 teknik sipil unri, saya rencana ingin lanjut s2 manajemen konstruksi, kalau boleh kirim kisi-kisinya ya ke email: muhammad.farhansetyawan@gmail.com Terimakasih

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum ka,terimakasih sudah mau berbagi. Semoga sukses sllu ka. Mau tanya nih ka setelah berkas di upload kn ada option summary . Setelah itu apakah ada lg berkas yg hrs d upload ? Mohon maaf ka ,soalnya saya gk sempat klik itu tp berkas semua sudah masuk krna udh batas penutupan pendaftaran

    BalasHapus
  65. Assalamu'alaikum
    Pengalaman yg dibagikan sangat menginspirasi, kebetulan saya juga tertarik untuk bergabung disana
    Jika berkenan, saya minta tolong untuk mengirimkan kisi-kisi ke email:
    Tonikarimaalam@gmail.com

    Terimakasih, sehat selalu

    BalasHapus
  66. Bagus sekali artikel nya mbak, saya dapat gambaran ttg seleksi S2 ITB.

    saya berencana meneruskan kuliah S2 saya di itb dengan mengambil t.sipil rekayasa struktur pd tahun ini. kira2 ada ga mba kisi2 nya untuk ujian rekayasa struktur? trimakasih banyak sebelumnya mbak.
    Ini email saya mbak. syofiaamida212@gmail.com

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum Bu Nurmala
    Ijin Bu, saya rencana mau masuk s2 ITB teknik sipil Bu, konsentrasi Geoteknik. Apakah ibu punya kisi kisi untuk geoteknik..? Mohon di share Bu.. Alamat email saya
    sanytambunan25@gmail.com

    BalasHapus
  68. terimakasih kak buat sharingnya.. sangat bermanfaat dan semaki bikin semangat untuk mempersiapkan diri. terimakasih ^^

    BalasHapus
  69. pagi mbak, sharingnya sangat bermanfaat, oh ya kebetulan saya akan mengikuti tes Rekayasa & Management Infrastruktu juga :), kalo mbaknya punya lebih detail penjabaran dari kisi2 diatas, bisa di email ke saya ya mbak, henro88.civil@gmail.com ,, haturnuhun sblmnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, kebetulan saya juga sedang mencari materinya utk tes nanti, bila kakak punya saya minta juga ya kak ke email aliazata03@gmail.com
      terima kasih banyak sebelumnya kak..

      Hapus
  70. terima kasih mba, sangat memotivasi dan bermanfaat untuk gambaran seleksi s2 di ITB. kebetulan saya akan mengambil bidang geoteknik. kalau mba berkenan apa boleh saya minta kisi-kisi bidang geoteknik?
    ini email saya mba : shafirannisap@gmail.com
    terima kasih sebelumnya mbaa

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum mbak nurmala fauzan terimakasih atas petunjuknya pendaftaran s2, mbak saya ingin daftar s2 teknik sipil konsentrasi struktur, boleh minta tolong juga untuk dikirimkan kisi2nya, ini mbak alamat email saya,
    Yulianafitri16@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya maaf merepotkan mbak🙏🙏 semoga ilmu nya bermanfaat

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Salam Mba Nurmala. Saya berencana untuk masuk S2 ITB dengan prodi yang sama. Jika berkenan saya ingin minta kisi2 tes akademiknya.. email saya saepulfrz@gmail.com. Terimakasih...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer