Non Fiction Reading Challenge 2015-Master Post


Meskipun sangat suka membaca, harus saya akui bahwa membaca buku non fiksi tak pernah semudah membaca buku fiksi. Saya mampu menamatkan buku fiksi yang saya suka dalam waktu singkat, tapi perlu usaha ekstra keras untuk saya saat harus menyelesaikan bahkan satu buku nonfiksi. Padahal lagi-lagi harus saya akui, seiring dengan bertambahnya beban pekerjaan, tuntutan untuk membaca buku bergenre non fiksi ini semakin tinggi.

Untuk menyemangati  diri sendiri, ditambah dengan beban penelitian (satu disertasi  filsafat dan satu tesis teknik sipil) yang harus saya rampungkan semester ini, maka saya memutuskan untuk mengikuti Non Fiction Reading Challenge 2015  dan tantangan Yuk Baca Buku Non Fiksi 2015. Yah, saya sangat perlu penyemangat untuk menyelesaikan disertasi dan tesis ini sekaligus, yang sangatlah tak mungkin tanpa  proses membaca bermacam-macam textbook atau buku-buku penunjang lainnya. Beruntung saat blogwalking dan iseng-iseng  mencari  reading challenge yang bisa saya ikuti tahun ini, saya menemukan www.lensabuku.com dan https://foodszone.wordpress.com yang menjadi host reading challenge diatas.

Disertasi saya akan mengangkat tema teologi pembebasan Tan Malaka dari sudut pandang filsafat manusia, maka buku-buku yang harus saya baca adalah adalah buku-buku teks filsafat manusia dan buku-buku karangan Tan Malaka yang kebetulan sudah ada di rumah tapi hampir tak tersentuh, yaitu:

1.             Madilog, Tan Malaka
2.             Dari Penjara ke Penjara Bagian I, Tan Malaka
3.             Dari Penjara ke Penjara Bagian II, Tan Malaka
4.             Dari Penjara ke Penjara Bagian III, Tan Malaka
5.             Massa Aksi, Tan Malaka
6.             Pandangan Hidup, Tan Malaka
7.             Gerpolek, Tan Malaka
8.             Pergulatan Menuju Republik 1897-1925, Harry A. Poeze
9.             Pergulatan Menuju Republik 1925-1945, Harry A. Poeze
10.         Parlemen atau Sovyet, Tan Malaka
11.         (masih  banyak lagi huhuhu… )

 


Sementara untuk materi tesis, saya ingin mengangkat tema kehandalan struktur bangunan gedung beserta analisis biaya untuk maintenance atau renovasi. Maka saya juga harus mulai mencicil literatur-literatur yang berkaitan dengan tema tersebut. Daftar diatas masih akan bertambah panjang dengan buku-buku filsafat manusia dan buku-buku teknik sipil yang juga harus saya baca.

Saat menulis judul-judul buku diatas, saya mulai merasa ngeper sendiri, menyadari fakta akan banyak sekali PR saya semester ini.  Karena saya percaya pekerjaan akan terasa berat jika hanya dibayangkan, maka lebih baik, ayo mulai membaca ^^.

Komentar

Postingan Populer